PIDATO SAMBUTAN PADA UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER

,

Saudara -saudara hadirin yang tehormat
Assala mualaikum wb


Pertama - tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME. Kuasa atas berkah dan nikmatnya kepada kita sekalian ... sehingga di pagi yang carah masih di perkenankan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang setiap tahun selalu kita peringati bersama seluruh rakyat Indonesia  dimanapun juga kita berada

Hadirin sekalian yang saya hormati  dari tahun ketahun kita selalu memperingati hari Sumpah Pemuda. Namun apalah artinya sebuah peringatan kalau tifsk tsu srti dan makna dari peringatan tersebut. Sesuai dengan ikrar atau sumpah yang mereka nyatakan bersama saat itu,tumbuhlah kesadaran dari pemuda pemuda kala itu untuk mengikat diri dalam persatuan dan kesatuan bangsa bahasa dan tanah air yaitu Indonesia.kena mereka mau mengikatkan diri dalam satu wadah yakni Indonesia. Karena mereka yang dirinya Jong java, Jong Batak, Jong Celebes,atau Jong -Jong yang lainya merasa senasib dan sepenanggungan dibawah penindasan dan penjajahan Kolonial,Tujuan pemuda kita satu yaitu Merdeka , bebas dari penindasan dan penjajahan , bebas menentukan nasib dan masanya sendiri.

Lalu pada tanggal 20 Oktober para pemuda dari berbagai daerah berkumpul mengadakan kongres pemuda menyatakan sikap dan menentukan arah perjuangan untuk mencapai satu tujuan,, Disitulah mereka menyataakan sumpahnya untuk berbangsa satu berbahasa satu dan bert anah air satu yaitu Indonesia. 
Saat itu pulalah lagu kebangsaan Indonesia Raya pertama kalinya di perdengarkan dan di bawa kan
langsung oleh penciptanya pemuda Wr Supratman .


Saudara - saudara sekalian yang tehormat sesuai dengan tema kita pada Hari Ini Sumpah Pemuda ini,dimana saja pemuda adalah tulang punggung pembangunan bangsa dan negara . kita tingkatkan pula perjuangan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang sehingga dengan demikian tidak sia -sialah amanat dari para pahlawan  kita yang cinta pada kemerdekaan
 ilah kita

Dengan semangart sumpah pemuda , marilah kita bersama-sama menyatakan kebulatan tekad, sehingga tidak memberikan peluang kepada pihak manapun untuk mengacau jalanya pembanguan di negara ini.
Juga tidak memberi pekuang sedikit pun kepada para pemalas hanya suka berpangku tangan sehingga dengan demikian tujuan negara menuju masyarakat yang adil dan makmur serta merata berdasarkan Pancasila dan UUD45 bisa segera terwujud.

 http://www.dreamhost.com/r.cgi?2178290

Dengan semangat sumpah pemuda dengan betanah air Indonesia , dengan bersatu Bangsa Indonesia dan dengan berbahasa satu Bahasa Indonesia kita galang persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dalam menghadapi segala tantangan dan usaha - usaha pihak lain baik dari dalam maupu luar, yang ingin memecah belah negara kesatuan Republik Indonesia tercinta ini percayalah bahwa kita bangsa yang besar . Bangsa yang kuat yang mampu menyelesaikan semua tantangan .Karena hanya dengan percaya dirilah kita bisa menjadi bangsa yang besar. Tunjukkan pada dunia bangsa Indonesia mampu mengurus dirinya sendiri.

Selamat berjuang wahai pemuda Indonesia pereratlah  rasa persatuan dan kesatuan di antara kalian, bangunlah jiwa ini dengan jiwa rasa nasionalisme dan mentalisme bangsa yang tinggi dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadapinya ,niscaya cita - cita bangsa akan segera tercapai merdeka.... 

wassssalammmm.....wr