PIDATO SAMBUTAN PADA UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER

,

Saudara - saudara sekalian yang saya hormati
Assalamualaikum wb....'

Pertama - tama kita sebagai bangsa yang beragama marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Tuhan YME atas Rahmat dan karunia Nya yang di limpahkan kepada kita semua bangsa Indonesia sehingga sampai detik kita masih di perkenankan berkumpul untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Pada hari yang bersejarah ini yaitu tanggal 01 Oktober masyarakat di seluruh tanah air memperingati hari kesaktian Pancasila masih tergiang di telinga kita bahwa bangsa Indonesia telah di khianati oleh orang - orang yang mengatasnamakan PKI, Peristiwa pembrontakan itu di kenal dengan nama Gerakan 30 September atau G 30S/PKI di bawah pimpinan DN Aidit. Sebenarnya pembrontakan yang di lakukan oleh PKI, saat itu bukan yang pertama melainkan yang kedua. PKI membrontak untuk mendirikan negara di bawah paham komunis  petama terjadi pada tahun 1948 dibawa  pimpinan Muso,Namun pembrontakan yang berpusat di Madiun dapat segera di  lumpuhkan oleh pasukan Siliwangi yang berlongmarch dari Bandung ke Madiun.

Tetapi pembrontakan yang paling kejam dan betapa sakitnya hati bangsa Indonesia yaitu pada tahun 1965. Bangsa Indonesia secara terang terangan di tusuk dari belakang oleh PKI yang memaksanya hendak mengganti ideologi rakyat yang Pancasila dengan paham komunis. Kita masih ingat betapa kejam, dan bengisnya  mereka menganiaya dan membunuh para Jendral seperti Akhmad Yani, R.Suprato, Sutoyo, M.T Haryono, D.I Panjaitan, S,Parman, dan seorang pegawai jaga Piere Tendean , serta K.S Tubun, Sementara di Jogyakarta PKI memburu dan menculik membunuh Kolonel Katamso dan Letkol Sugiyono. Semuanya itu takkan terlupakan begitu saja oleh bangsa dan generasi Indonesia yang senantiasa mendabakan kedamain di bumi persada nusantara ini.

Oleh sebab itu saudara - saudara sekalian , marilah kita tingkatkan kewaspadaan nasional terus menerus agar apa yang pernah terjadi kala itu jangan sampai terulang lagi di negeri tercinta ini, Janganlah kalian mudah terpancing oleh provokasi yang dapat menggangu ketetiban umum dan stabilitas ke amanan yang pada akhirnya dapat merusak persatuan dan kesatuan negara.

Saudara - saudara yang terhormat dan hadirin sekalian yang saya muliakan dengan mengucap rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kekuatan dan keberanian pada  bangsa Indonesia dan
telah pula menyelamatkan seluruh rakyat Indonesia dari pengkianatan PKI saat itu.

Untuk kepada generasi muda yang lahir di tahun 70an dan 80an hendaknya kalian menyadari bahwa pada hari ini 1 Oktober yang kita peringati sebagai hari Kesaktian Pancasila . Pada tanggal tersebut telah terbukti dan sejarah mencatatnya bahwa untuk kesekian kalinya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia telah lolos dari gempuran PKI baik di tahun 1948 maupun di tahun 1965 yang ingin menghentikanya dengan paham komunis yang sama sekali berbeda dengan azas - azas dari Pancasila.

Oleh karena itu hendaknya kita belajar dari pengalaman sejarah dan menjadikanya pedoman bahwa Pancasila yang lahir dan di gali dari akar budaya bangsa Indonesia hendaknya tetap di jaga, di lestarikan dan di amalkan sehingga dengan dasar yang kuat dan kokoh kita mampu membangun negara yang kuat .
Dengan demikian gelombang paham-paham lain seperti kapitalis, liberalisme, dan sosial kmonis, dapat di bendung agar tidak sampai merusak kedalam hati setiap insan manusia Indonesia.

http://tracking.bitgold.com/SH2VrAkhirnya kepada generasi muda penerus cita - cita perjuangan bangsa , pandai-pandailah kalian menjaga pancasila agar kelestarian nya sebagai pandangan hidup bangsa dan negara tetap terjamin . Percayalah bahwa tidak ada yang bisa memaksakan paham lain kepada Indonesia selama Pancasila masih menjadi dasar - dasar negara Indonesia. Dan yakinlah bahwa Pancasila akan tetap kokoh menopang negara selama bangsa Indonesia masih ada. Sekali lagi hidup Pancasila Hidup Bangsa Indonesia.