Pidato Sambutan Dalam Rangka Pemberangkatan Jama'ah Haji

,

Assalamualaikum Wr.Wb.

Bapak-bapak, Ibu-ibu serta hadirin sekalian yang berbahagia. Pada kesempatan yang berbahagia ini, pertama - pertama kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan YME, atas rahmat yang di limpahkan kepada kita sekalian sehingga sampai detik ini masih bisa berkumpul dalam rangka ikut menyaksikan pemberangkatan bapak - bapak, ibu - ibu serta saudara - saudara kita ayang sebentar lagi akan menunaikan panggilan suci, yakni ibadah haji dalam rangka menunaikan rukun Islam yang lilma.


Yang kedua salam serta shalawat semoga tetap tercurah atas junjungan kita yaitu Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari zaman jahiliyah menuju zaman  ilmiyah dan islamiah.

Bapak-bapak, ibu - ibu serta saudara - saudara sekalian yang berbahagia
Seperti telahj kita ketaui bahwa ibadah haji adalah termasuk salah satu ibadah yang cukup berat. Karena untuk melaksanakan ibadah ini, Paling tidak ada dua faktor yang sangat berpengaruh dalam niat kita melaksanakan ibadah haji yaitu:
a. Ongkos sanik haji ( ONH ) yang dari tahun ketahun terus meningkat. Ongkos ini semata - mata untuk
     keperluan transportasi dan administrasi.

b. Kondisi fisik yang harus tetap prima, sehingga ketika kita harus berlari - lari kecil atau dalam perjalanan 
    fissik kita tidak mudah cepat lelah

Ketika factor tersebut sangat erat sekali kaitanya dengan niatan kita dalam menunaikan ibadah haji. Oleh sebab itu maka kita di harapkan bekerja keras tanpa kenal lelah , bila nanti suadh mempunyai cukup uang kita bisa segera menunaikan ibadah haji. Jadi Islam mengajarkan kita untuk bekerja keras dan menabunng. 
Dimana hasil kerja kita setiap tahun dalam bentuk tabungan bisa membayar ongkos naik haji. Namun factor uang saja masih belum cukup tanpa di tunjang oleh fisik yang sehat., baik jasmani maupun rohani.
Karena bila kita saki- sakitan ibadah haji kita tidak bisa sempurna. Sebab dalam beberapa ritual memerlukan kondisi fisik yang benar - benar prima, seperti halnya berlari - lari kecil di padang Arafah yang terkenal tandus, dan panas. Jika demikian InsaAllah kita akan dapat melaksanakan ibadah haji di tanah suci dengan sebaik - baiknya dan sempurna, karena itu kita belum tentu mempunyai kesempatan untuk dapat , melaksanakan ibadah haji, ketanah suci lagi, Oleh karena itu selagi kita mempunyai kesempatan menunaikan ibadah haji maka hendaklah selama berada di tanah suci pergunakan kesempatan itu dengan sebaik - baiknya dan perbanyak shalat, dengan demikian mudah - mudahan ibadah haji bapak - bapak , ibu - ibu serta saudara - saudari termasuk haji Mabrur, yang akan di jamin surga oleh Allah SWT amin.

Bapak - bapak, ibu - ibu serta saudara - saudara sekalian yang kami hormati. 
Kami yakin bahwa bapak - bapak, ibu - ibu serta saudara - saudara dalam  melaksanakan ibadah haji ini berdasarkan iman dan niat yang murni untuk melaksanakan rukun Islam kelima, bukan karena hal - hal lain seperti ingin dipanggil pak haji dan bu hajjah atau posisi tertentu dalam suatu organisasi yang tentunya ibadah haji kita menjadi tidak sempurna bahkan dapat merusak nilai - nilai yang terkandung dalam ibadah haji itu sendiri, akan tetapi pergi haji karena dorongan iman dan niat yang iklas dan murni karena Allah SWT, sekaligus sebagi perwujudan dari rasa syukur kepada Allah atas limpahan karunia-Nya, kepada kita baik berupa kekayaan materil dan spiritual maupun berupa kesehatan jiwa dan raga sehingga kita dapat melaksanakan ibadah haji.

Bear harapan kami semoga bapak - bapak , ibu - ibu serta saudara - saudara dalam menunaikan ibadah haji tetap selamat ke tempat tujuan dan dapat melaksanaan ibadah haji dengan sempurna. Dan mudah - mudahan keluarga yang sedang di tinggal tetap mendapat lindungan dari Allah SWT Amin.

Demikain sambutan yang dapat kami sampaikan bila ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf yang sebesar - besarnya . Akhirnya kami ucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji semoga manjadi haji yang mabrur Akhirul kalam 
Wassalamualaikum Wr. Wb.